Saturday, February 12, 2011

FILOSOFI CEKER

teman... gak tau kenapa akhir-akhir ini aku seneng banget maem ceker.
ada yang gak tau ma ceker??? sungguh terlalu teman kalo kamu sampe gak tau apa itu ceker.
ceker itu kaki. dan ceker yang aku maksudkan disini adalah ceker ayam. alias kaki ayam. buatku saat ini, semur ceker adalah yang paling enak. apalagi kalo yang bikin mamiku. hehehe...

si mami awalnya heran juga, napa aku jadi seneng banget maem ceker. dia sampe nanya, "kok sekarang doyan ceker sih Yuk?" mamiku manggil aku ayuk, bahasa palembangnya untuk mbak alias kakak.
dulu-dulunya aku gak pernah mau tu maem ceker ayam.
pernah waktu itu mami udah lama gak masak semur, kok rasanya maem gak semangat. malesss banget kayak ada yang kurang. trus pas mami mau ke pasar, ngerayu mami minta dibeliin ceker. dahsyatnya... pas makan siang, aku ngabisin semangkok semur ceker.
belum lagi kalo pas jalan keluar. akhirnya aku nemuin tempat jual soto ceker. lumayanlah... walau masih lebih enak semur ceker buatan mami.

pernah ada kejadian waktu aku lagi asik-asik maem ceker rebus di warungnya mbak tatik. ternyata temen-temenku pada ngeliatin aku aja yang terliat khusyuk banget menikmati semangkok penuh ceker. aku sih setengah gak nyadar kalo ternyata mereka merhatiin aku.
sampe si Bayein nanya, " enak Di cekernya?" tanpa melirik aku cuma bilang, "hu uh, enak".
trus dia bilang gini, "pantes ya tulisan kamu bagus. doyannya makan ceker."
"apa hubungannya antara ceker sama tulisan tangan yang bagus?" tanyaku.
"yaaaa kata orang tua sih gitu, makanya anak kecil suka dikasih makan sop ceker. biar kalo udah bisa nulis, tulisannya bagus." bebernya.
nah... loh... tu filosofi ceker yang pertama versi Bayein.

seminggu yang lalu, ceritanya mami masak semur ceker lagi. lagi asik-asik menikmatinya, tau-tau si tampan berbunyi. ternyata si Winny nelpon. tu kenalan aja sih. akhir-akhir ini emang lagi rajin nelpon. kenalannya sih karena accident di jonny andrean. heheheh
obrolan di telpon sih seperti biasa diawali dengan basa-basi, lagi dimana n lagi apa? trus ngobrol ngalor-ngidul-ngetan-ngulon (kumplit....). intinya sih mau ngajak ke jonny andrean lagi. tapi aku lagi males n gak mood buat keluar rumah (sydrom menjelang akhir bulan hehehe).
tapi dalam obrolan itu, pas dia nanya "lagi apa, Di?" trus aku jawab, "lagi maen ceker?" tau gak dia bilang apa? dia bilang gini, "pantes aja kamu tu orangnya rajin."
tuiiinggg.... bingung... apa pula hubungannya antara doyan ceker ayam sama rajin?
kata si Winny gini, ayam tu kan punya tugas bangun pagi n ngebangunin semuanya. trus pagi-pagi dia juga udah nyeker-nyeker pake cekernya. nah... itu lah, berarti orang yang doyan ceker ayam berarti orang yang rajin.
hahay.... padahal aslinya aku kan pemalas. bangun pagi aja keajaiban buatku. wong biasanya abis shalat subuh lanjut tidur lagi.

kalo mamas lain lagi. katanya, kalo doyan maen ceker ayam tu jorok. gak ngerti geh rumusnya dari mana. lagian si mas juga kan orangnya emang susah dikasih maem apa-apa. maem kulit ayam atau kulit ikan aja dia gak mau. apa lagi mau maem ceker ayam.

nah kalo si Donny bilangnya gini, orang yang doyan maem ceker ayam berarti orangnya giat n pinter nyari rejeki. 
rada mirip sih sama pendapatnya Winny. katanya gini, ayam itu pagi-pagi udah nyari rejeki pake cekernya. jadi kalo cekernya kamu makan, berarti kamu juga pinter nyari rejeki. sama kayak ayam....
huaaaaaaaaaa pengen tak pentungin juga rasanya. awalnya sih emang bagus. tapi... ujungnya? gak ngenakin banget. masak aku disamain sama ayam?

terlepas dari semua filosofi ceker ayam menurut teman-temanku, yang pasti ceker ayam itu enak. :-D

2 comments:

  1. makam ceker juga baik kok untuk kesehatan janin..bagi para wanita klo lagi hamil sebaik na rajin makan tuch ceker..konon ceker membuat tulang janin kuat..hehe..
    salam damai dari ambon

    ReplyDelete
  2. berarti...maem ceker dilanjutkan ya sob...

    ReplyDelete