Sunday, February 6, 2011

SEHAT??? MASIH DALAM PROSES...

ni rumus yang aku buat beberapa hari yang lalu di organizer baru ku ===>

belinya sih bulan kemaren, di gramedia. sengaja beli motif burberry. biar sama tasku.
tu rumus bukan sembarang rumus loh... tapi emang bener formula yang harus aku jalani di tahun ini. tahun 2011.
buat seorang yang memiliki beberapa masalah kesehatan dengan kata lain mengoleksi sedikit penyakit seperti diriku, sehat itu adalah pencapaian yang sangat besar. apalagi ditambah dengan beberapa habit-ku yang terkadang suka merugikan kesehatan. yang sangat-sangat aku sadari itu, pola tidur dan pola makan-ku yang tidak teratur, itu kalo ambil bahasa sopannya. tapi kalo ambil bahasa tegasnya, aku ni gak disiplin dan aku ni pemalas. malas makan, malas olahraga, dan malas tidur. jadi ngapain aja kerjaku? duduk, ngetik, baca novel dan melupakan waktu. bener-bener gak jelas kan? dan gara-gara itu semua, aku jadi teramat moody. dan gara-gara moody ini lah penyakitku sering kambuh. akibatnya? yaaa harus cari bantuan profesional biar gak nyiksa diri-sendiri.

oleh sebab itulah... di tahun 2011 ini, aku bikin rumus seperti di atas.
maksudnya gini, aku harus sehat dan berhemat biar keinginan dan impianku buat kuliah lagi bisa terwujud. dulu waktu kuliah, pengen banget cepet-cepet kelar biar bisa kerja. eh begitu udah kerja, kangen juga masa-masa jadi mahasiswa. makanya aku pengen banget kuliah lagi. bukan cuma kangen dengan romantisme jadi mahasiswa yang dikejer-kejer tugas. tapi ada sesuatu yang pengen aku pelajari secara teoritis, yang selama ni hanya aku dapat secara otodidak, jadi pas ditanya teorinya aku gak tau sama sekali. that's why aku pengen kuliah lagi...

setelah menanamkan niat yang besar, tekad yang membara, semangat yang berkobar dan dipikirkan dengan matang (huh... keren bahasanya dah kayak mau perang aja). aku memang harus tetap sehat. sehat itu investasi yang paling mahal, sehat itu anugerah, sehat itu nikmat yang paling besar dari ALLAH. that's why, aku harus sehat dan menjaga kesehatanku. selain itu, aku juga pengen sedikit tumbuh ke samping. udah bosen dibilang kurang gizi mulu. berdasarkan perhitungan IMT, IMT ku 18,2 biar bisa jadi normal (18,5-25,0; aku cukup 18,5 atau 18,7-lah), dengan kata lain aku harus menaikkan berat badanku sekitar 5-7 kilo, aku butuh asupan gizi 1730 kalori setiap hari. huh.... benar-benar perang...
berhubung keinginanku buat kuliah lagi sangat besar, jadi aku set pikiranku. aku pasti bisa. karena aku pasti akan dapetin semua yang aku inginkan, semua yang aku impikan kalo aku sehat. jadi aku harus sehat. aku yakin "there's a will, there's a way".
jadi... yang pertama aku harus urus kondisi fisikku. aku harus makan, aku harus bisa tidur, dan harus rutin olahraga.
masalah utama adalah makan. ALHAMDULILLAH... aku ketemu mbak Ety Widayati di Facebook. dia kan seorang konsultan gizi. trus aku acak-acak note yang ditulisnya. aku mbaca food combining, alias makanan kombinasi serasi, makan sesuai dengan fase metabolisme tubuh. kata mbak Ety sih, gak perlu susah-susah ngitung jumlah kalori yang harus dimakan. yang penting makan makanan yang serasi dan sesuai dengan fase metabolisme tubuh.
ya ya ya... buat bisa tumbuh ke samping tu memang bukan berarti harus makan banyak, tapi makan yang teratur dan seimbang.
setelah banyak nanya sama mbak Ety, gugling sana-sini, trus sampe akhirnya ngubek-ngubek gramedia. aku pengen juga ikutan food combining. gak terlalu susah sih, yang susah itu cuma ngatur waktunya aja (karena aku pemalas dan gak disiplin). aku emang udah lama gak bisa makan makanan yang mengandung MSG (kalo kemakan, migrenku kumat, nyeri lambung sampe muntah-muntah), inilah yang bikin aku kalo jajan atau makan milih-milih tempat (bis kebanyakan orang masih sangat bergantung sama zat itu sih, katanya makanan gak enak kalo gak pake MSG), aku emang penggemar berat sayur dan buah, dan aku gak terlalu bergantung dengan nasi (alias emang jarang makan nasi).
gak kerasa udah hampir sebulan, dan udah naek 1,5 kilo.... senangnya.... padahal food combining-nya masih ada yang belepotan, tapi hasilnya sungguh menyenangkan.

trus untuk tidur ni... as u know, aku insomnia. baru bisa tidur kalo udah jam 2 atau jan 3 pagi. udah terbiasa sih, tapi aku rada parno juga kalo insomnia ini sewaktu-waktu bisa membunuhku. jadi... aku memutuskan jam 12 aku udah harus ditempat tidur. tidur atau gak, usahain untuk tidur.
lagi-lagi aku ketemu seorang teman yang baik banget. dia ngasih aku 2 buah lagu yang bikin aku langsung pulas tertidur. bener-bener ngalahin lulaby n symphony 18-nya mozart.
jadi inget ceritanya cinderella, yang harus pulang dari pesta pas tengah malam.
itu juga sih yang membuat aku memutuskan jam 12 adalah jam tidurku. jadi kalo dah hampir jam 12, aku bilang ke diri sendiri... "waktunya cinderella bobo"
berpikir seperti cinderella agar menjadi seorang "cinderella"... ternyata berhasil... senangnya...

trus tentang olahraga, udah mulai rutin dan terjadwal seminggu 2 kali nyebur ke kolam renang. senangnya lagi, waktu pertama aku cuma bisa 5 meter. sekarang udah bisa 2 kali bolak-balik gak pake berenti.
lagi berpikir buat nambahin lagi... gimana kalo dengan bersepeda?
jadi... lagi mempertimbangkan buat beli sepeda.

tentang hemat, sebenernya kalo udah sehat, pasti bisa hemat. gak harus ke dokter dan beli obat (kalo sakit).
tapi... ternyata ini yang paling susah buat aku. setelah evaluasi selama bulan berjalan di tahun 2011, bulan januari aku mengalami defisit. bis aku pikir kan, kalo mau sehat gak hanya makanan fisik, tapi juga makanan jiwa. ternyata makanan buat jiwaku sedikit lebih mahal dari makanan buat fisikku (heheheh ngeles, padahal kebobolan gara-gara keasikan belanja).
tapi aku menanamkan niat yang besar, tekad yang membara, semangat yang berkobar dan dipikirkan dengan matang, aku harus menyusun skala prioritas. aku gak boleh terus-terusan jadi boros gini. boros itu tindakan yang tidak menghargai dan menyayangi diri sendiri. kalo emang sayang dan menghargai diri sendiri, harus hemat dan harus nabung. tugas utama, susun skala prioritas. mana yang perlu dan mana yang tidak perlu.
harus juga gak kelewat hemat kayak iklan operator seluler yang jadinya sampe nyiksa diri gitu... hemat beiiiibz.. zzzzzzzzzzzzz

yang paling penting dari semuanya adalah karena aku menghargai diriku, sangat menghargai anugerah Allah atas diriku, aku menyayangi diriku sendiri, aku ingin diriku bahagia dan membahagiakan diriku. yang pasti, aku tidak akan mengijinkan orang lain menyakitiku.
pas siang ini tanpa sengaja nonton sinetron, dapet wise words ni....
kebahagiaan itu harusnya berasal dari diri sendiri. karena kalau kebahagiaan itu berasal dari orang lain, berarti kita akan menggantungkan diri kepada orang lain agar selalu merasa bahagia.

1 comment:

  1. buat sobat htc semua sudi kiranya sobat memasang logo kami dihalaman depan blog sobat...ane tunggu kabar baiknya...

    ReplyDelete