Tuesday, February 1, 2011

Cintai Dirimu...

judulnya mirip iklan produk perawatan kulit ya...
"cintai kulit indahmu"
jadi ceritanya tadi ketemu ma temen lama.
dia dulu cowok favorit di sekolah, dari esempe sampe esema.
malah menurut survey (yang sangat tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh siapapun), dulu dia banyak fansnya. termasuk saya. hehehe
tapi itu dulu...
sekarang?
gak banget...
pandangan pertama tertuju pada... PERUT
BUNCIT.... huh tidaaaaaaaaaakkkkkkkk

ini pengecualian buat para ibu-ibu yang lagi hamil ya (lagian mana ada ibu hamil yang gak pake buncit).
konon katanya perut buncit itu tanda kemakmuran.
orang yang buncit itu katanya (nya itu siapa sih???) identik dengan orang kaya dan beruang.
mungkin saja sih. tapi itu kan paradigma lama yang benar-benar tidak dapat dipercaya dan dimintai pertanggung jawaban.
menurutku (setelah baca sana-sini), perut buncit itu gak cinta ma diri sendiri. buncit itu gak seksi. buncit itu banyak penyakit.
kumplit ya?

ada juga yang bilang gini, buncit menunjukan umur. haduh... emang kalo udah tua alias berumur harus buncit ya?
pendek kata, semua gak relevan. mungkin karena aku selalu ilfil duluan kalo liat orang buncit (pengecualian ibu-ibu yang lagi hamil). bis buncit itu gak sayang sama diri sendiri. malah yang aku dapet, kesannya orang buncit itu pemalas n gak bisa merawat diri sendiri.
yang aku tahu sih, merawat diri sendiri itu salah satu bentuk mensyukuri anugerah yang udah diberikan oleh Dia pada kita, juga wujud kalo kita menghargai diri sendiri, dan dipastikan bisa mencintai orang lain karena udah bisa menunjukkan kalo dia bisa mencintai dirinya sendiri.

aku sendiri pun kadang masih tergoda untuk malas. malas ngurus diri sendiri. tapi, pasti ada peringatan yang mengingatkan biar aku gak males. misalnya ya... males cuci rambut. pastinya kan bakal gatel n garuk-garuk. nah itu kan peringatan dari tubuh buat gak males, buat memenuhi kebutuhannya untuk dibersihkan.
perawatan itu kan sama aja dengan membersihkan. inget loh kalo "BERSIH ITU SEHAT" trus "KEBERSIHAN ITU SEBAGIAN DARI IMAN"

akhir-akhir ini aku memang sebegitu terobsesinya untuk hidup sehat. bis aku udah merasa, betapa tidak enaknya sakit, betapa tidak nyamannya sakit. dan betapa nikmatnya sehat. mulai ngatur waktu biar semuanya seimbang. maksain diri buat makan, maksain diri buat olahraga, dan yang pasti maksain diri buat lebih teratur ngelapor ma Pemilik Jagat Raya. awalnya kan kadang emang harus dipaksain. tapi saat udah terbiasa jadi biasa aja. contohnya? aku gak suka sama sekali makan pisang. tapi pas baca-baca artikel kesehatan mengenai kandungan gizi dari pisang, aku jadi ketagihan. tiap hari pengennya pisang mulu. heheheh... (sampe dibilang si okty dah kayak onyet aja).
sehat kan gak cuma fisik aja. tapi sehat itu juga keseimbangan antara fisik dan rohaninya. jadi, gak cuma harus merawat fisik aja, tapi rohaninya juga harus dirawat.
tujuan aku cuma pengen sehat aja kok... kalo orang lain liat hasilnya lain??? itu bonus... :D

kalo tak pikir-pikir, tubuh kita tu memberi respon sesuai dengan cara kita memperlakukannya.
setiap orang itu sudah punya alarm sendiri-sendiri yang memberi tahu si pemilik tubuh untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan kebiasaan, pembiasaan yang sudah dibiasakan.
contohnya, waktu tidur. normalnya, setiap orang butuh tidur minimal 7 jam sehari. tapi ada sebagian orang yang cukup tidur dengan 5 jam. konon... itu gak sehat. tapi ada yang merasa kalo kebanyakan tidur (lebih dari waktu yang dibiasakan) dia malah merasa lemes n gak semangat.
manusia itu unik. gak ada satu pun manusia yang sama dengan manusia yang lain, sekalipun kembar identik.

pernah denger kata-kata "KALO PENGEN DIHORMATI OLEH ORANG LAIN, HARGAILAH ORANG LAIN"
buat diri sendiri juga gak beda. kalo mau tubuhmu mengikuti kemauanmu, tunjukkan kalo kamu peduli pada tubuh mu. jadilah bos yang baik buat dirimu sendiri. perhatikan "peringatan-peringatan" kecil dari tubuhmu. kalo udah jadi "peringatan" besar, nanti malah jadi terlambat.

dunia masih begitu indah, jangan buru-buru ditinggalkan

No comments:

Post a Comment