Wednesday, March 16, 2011

MACET

sebenernya Palembang itu tergolong kota besar apa kota kecil sih?
konon katanya... Palembang itu sudah disebut sebagai kota metropolitan. jadi ada pertanyaan, seberapa metropolitankah? apakah harus bangga dengan kemetropolitanan itu?
emang sih kalo mau mau dibandingin jaman dulu waktu aku teka sama sekarang, udah banyak yang berubah. udah banyak mall dimana-mana. tapi apa itu jadi ukuran? bahasa kerennya, apa itu bisa dijadikan suatu indikator suatu kota dinyatakan sebagai kota metropolitan? sebenernya apa sih metropolitan itu?
kata Tante Wiki sih, "Wilayah metropolitan adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri atas satu metropolis besar dan daerah sekitarnya, atau beberapakota sentral yang saling bertetangga dan daerah sekitarnya. Satu kota besar atau lebih dapat berperan sebagai hub-nya, dan wilayah metropolitan biasanya diberi nama sesuai dengan kota sentral terbesar atau terpenting di dalamnya."
jadi... berdasarkan definisi dari Tante Wiki, jelaslah sudah kalo Palembang lum bisa dikategorikan sebagai kota metropolitan. uhmmmmm lebih tepat kalo dibilang sebagai kota besar saja. karena di sekitar Palembang juga masih ada kota-kota kecil lainnya.
yang pasti, aku gak bangga sama sekali dengan kondisi Palembang yang sekarang. orang-orangnya makin hedonis. balap-balapan yang sangat keliatan maksa. gak ada pantes-pantesnya.
Palembang seperti keilangan ke-Palembang-annya.
yang paling bikin gak nyaman tu... banjir dan macet.

akhir-akhir ini perjalanan mau atau ke Palembang itu adalah perjalanan yang mengesalkan. macet dimana-mana. pake gak kenal waktu lagi. gak pagi, gak siang, gak sore, gak malem tetepa aja macet. yang gak macet itu mungkin tengah malem ampe subuh aja kali... perjalanan yang biasanya cukup dengan 45 menit, sekarang bisa-bisa sampe 2 jam. dahsyat kan? jadi tua dan kering... juga di perjalanan. padahal kalo mau ke jalur, aku harus ke Palembang dulu. belum lagi, temen-temenku juga banyakan yang tinggal di Palembang. trus sodara-sodaraku juga banyak di Palembang.

terkadang kemajuan yang tidak diikuti dengan penataan yang bagus, bukannya malah mempermudah tapi malah membuat gak nyaman. yaaa mau nyaman dimana lagi coba kalo kelamaan di perjalanan.
berbagai trik dan siasat udah dijalani, biar gak stress selama di perjalanan. mulai dari e-buddy-an, fb-an sampe nyumpel kuping pake headset buat ngedengerin lagu-lagu yang menenangkan jiwa. tapi tetep aja bete gak karuan saking lamanya di perjalanan. yang paling parah tu mulai dari pertigaan terminal alang-alang lebar sampe ke ujung jalan K.H Burlian itu kalo mau masuk ke Palembang. nah... kalo mau pulang kerumah, macetnya tu mulai dari dalem terminal alang-alang lebar sampe ke Raider.
lum lagi yang di dalem kota. lum lagi masalah jalan yang gak beres...
Tuhan... salah siapakah ini???
kata orang sih, "jangan salahkan ibu yang mengandung"
trus mau menyalahkan siapa? yang ada kan cuma ibukota. mana ada bapakkota. dan Palembang adalah sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan.
apa daya dan upaya yang harus dilakukan.

aku sebagai seorang warga negara yang kemana-mana menggunakan kendaraan umum, yang pertama kali yang ingin aku laknat adalah para pengguna kendaraan pribadi. apalagi mobil baru yang masih pada mengkilap. sumpah... kadang nyesek banget. lagi nyantai-nyantai motoran, mereka nglakson gak kira-kira. bikin kaget aja. dia mah enak yang di dalem mobil gak ngerasa kalo klaksonnya dah kayak geledek. lha yang di luar, serasa semaput saking kagetnya.
mentang mereka banyak duit, mentang mereka pake mobil dinas, mentang mereka tu pejabat.
awas yaaaa nanti kalo aku jadi pejabat, semuanya tak suruh pake sepeda aja.

ayo dong Palembang....
sebelum jadi makin parah... buruan diberesin ni tata kotanya. jangan bangun mall melulu... drainase-nya juga harus dipertimbangkan. inget loh... Palembang itu awalnya daerah rawa, di dataran rendah lagi. jangan sampe nanti-nantinya Palembang tenggelam. kalo sampe jembatan ampera udah banjir, walau cuma semata kaki, Palembang sama aja kena Tsunami tanpa gempa. jangan beli mobil melulu... jalannya juga diperhatikan. jangan hanya berpikir untuk hari ini, tapi juga harus direncanakan untuk masa yang akan datang. sisain dong buat generasi penerus kita. jangan sampe kita dihukum Tuhan karena keserakahan kita.

1 comment: