Wednesday, January 12, 2011

RUMPUT TETANGGA (SELALU) LEBIH HIJAU

sepanjang hari ni kayaknya sering banget aku bilang "rumput tetangga lebih hijau". apa pasal?
pagi-pagi sekali... ada seorang sahabat yang udah lama gak ketemu nelpon aku. seperti biasalah... diawali dengan basa-basi, nanyain kabar dan lain sebagainya. sampe pada ujungnya dia cerita kalo dia lagi kecewa berat setelah lagi-lagi gak lulus tes CPNS. trus katanya, betapa dia ngiri liat teman-teman lain yang pada kerja. gak kayak dia yang hanya dirumah saja, ngurus anak dan suaminya.
trus... meluncurlah dari bibir manisku "yuk, rumput tetangga lebih hijau". awalnya dia bingung juga, kok gitu Di? aku jelasin ke dia, bahwa sebenernya kalo liat temen-temen yang murni jadi ibu rumah tangga, dirumah aja ngurus anak dan keluarga. betapa pengennya aku seperti itu (xixixi kayak yang udah punya anak aja). pengennya aku dulu sih gitu, punya anak dan suami trus jadi ibu dan istri yang baik sajalah di rumah. tapi apa daya??? ternyata keburu dapet pekerjaan dari pada dapet suami. betapa ngirinya kami ngeliat temen-temen yang mencurahkan semua waktu hanya untuk keluarganya saja. makanya yunda... rumput tetangga lebih hijau. dirimu ngiri melihat kami yang bekerja, menganggap kami yang bekerja lebih enak dari pada kalian yang di rumah saja. padahal kami yang bekerja, setengah mati ngirinya liat kalian yang di rumah saja.
tapi dia gak puas dengan omonganku. masih dia berkilah gini, kalo kalian yang kerja kan lebih bisa pake uang (gaji) semau kalian. tanpa harus merasakan 'dijatahi' suami. masih bisa manjain diri, masih bisa nyalon. lha kalo kami, badan aja udah gak keurus, melar sana-sini. jatah ke salon aja dipindahin di rumah aja.
aku ketawa aja dengerin gerutuan dia. sumpah... bukan aku gak prihatin atau apa. cuma ya itu tadi, "rumput tetangga selalu lebih hijau". andai dia tau, betapa aku pengen sedikit lebih gemuk. biar gak terus-terusan dibilangin malnutrisi. tapi dia yang gemuk malah ngiri liat kami yang kurus kering. aku nyadar juga sih, mungkin dia udah di ujung stress, lelah dan kecewa. maklum aja, dulu dia kembang di kampus. trus sekarang merasa tidak memiliki apa-apa, dan hanya berkutat di rumah. dan aku juga nyadar, betapa beratnya pekerjaan 'di rumah saja' itu. bener-bener pekerjaan yang tidak ada habisnya. apalagi dia udah punya anak dan suami, yang gak bisa maen kabur aja (seperti aku) saat sudah suntuk kelas sangat berat.
tapi ujung-ujungnya dia ketawa juga, sambil membenarkan "rumput tetangga lebih hijau". hahahah

trus... sore ini aku nelpon seorang teman. niatnya pengen cerita-cerita aja. bis dah seharian liatin monitor mulu. rada khawatir juga muka ku bakal ketularan flat kayak ni LCD.
tapi... malah dia curhat ke aku.
nasib... nasib... gini deh kalo biasa jadi keranjang sampah. lagi suntuk pun harus bersedia memberikan kuping buat ngedengerin orang lain.
awalnya sih dia cuma nanya, kenapa sih Di hidupmu selalu beruntung. aku cuma bisa bilang "Alhamdulillah". sambil becanda aku bilang ke dia "jangan takut sama orang pinter, tapi takutlah sama orang yang beruntung", lha kalo aku? udah pinter, beruntung pula. jadi waspadalah kalian. hahahah
misuh-misuh lah dia, sambil bilang aku narsis... lagi-lagi aku bilang, narsis tu "is the real of me".
makin misuh-misuh lah dia. trus bilang rada ngebentak gitu ma aku, Di aku ni pengen curhat.
duuuuuhhhhhhhhh.... andai dia tau, kalo saat ini aku tidak menerima curhatan dan sebenernya juga lagi butuh tempat curhat yang bisa aku percaya. tapi.... apa daya...
selanjutnya.... sudah bisa ditebak kan??? bercerita lah dia tentang hidup dan kehidupannya. intinya dia ngiri bener liat aku yang masih bisa keliaran ma temen-temenku.
andai dia tau... aku yang sepatutnya ngiri sama dia, di mataku dia terlihat seperti seseorang yang udah punya segalanya. cinta, harta, fisik yang sempurna.
huh... ternyata tetep aja "rumput tetangga lebih hijau". karena beberapa waktu yang lalu, aku pernah bilang dengan seorang temanku (pas jalan bareng temen-temen dan papasan sama dia), "beruntungnya dia punya suami yang baik, kemana-mana ditemeni suami. kemana-mana gak perlu kepanasan lagi, dah bawa mobil sendiri lagi. beda ma kita yang kemana-mana ngangkot dan jalan serombongan ma temen-temen".
tapi temenku itu malah bilang, lum tentu loh Di. malah mungkin dia berpikir beruntungnya Di yang masih bisa jalan ma temen-temen, yang bisa ngangkot.
dan bener saja, waktu kemaren aku backpacking, dia bilang pengen ngikut. pengen ngegembel dan kere-kerean. tapi aku gak tega, khawatir dia gak bisa bener-bener masuk ke dalam 'kekerean' aku ma temen-temenku.

ya ya ya... bila orang lain menganggap aku sebagai orang yang layak buat diiriin... Alhamdulillah... berarti aku jauh lebih beruntung dari mereka.
ow ow ow... indahnya hidupku...

o ya, lagi seneng banget dengerin The Cranberries. palagi ma "Kiss Me".
ni liriknya... nyanyi bareng yukkk
*ssstttt ada yang mau kiss me??? wkwkwkwkw

Kiss me out of the bearded barley
Nightly, beside the green, green grass
Swing, swing, swing the spinning step
You wear those shoes and I will wear that dress

Oh, kiss me beneath the milky twilight
Lead me out on the moonlit floor, lift your open hand
Strike up the band and make the fireflies dance
Silver moon's sparkling, so kiss me

Kiss me down by the broken tree house
Swing me upon its hanging tire
Bring, bring, bring your flowered hat
We'll take the trail marked on your father's map

Oh, kiss me beneath the milky twilight
Lead me out on the moonlit floor, lift your open hand
Strike up the band and make the fireflies dance
Silver moon's sparkling, so kiss me

Kiss me beneath the milky twilight
Lead me out on the moonlit floor, lift your open hand
Strike up the band and make the fireflies dance
Silver moon's sparkling, so kiss me
So kiss me, so kiss me, so kiss me

No comments:

Post a Comment