Wednesday, May 18, 2011

TIPI

akhir-akhir ini selalu disuguhi dengan ke-lebay-an.
mulai dari sinetron yang ceritanya sangat lebay sekalay... berlanjut ke berita yang udah mirip dengan infotainment... dan infotainment makin penuh dengan gosip artis yang dikemas dengan sangat lebay sekalay. pengen gaul tah???
seperti katanya raditya dika, antara gaul dan gila tu beda tipis.
mulai dari si briptu norman sampe ke laba-laba menyerupai wajah manusia.
bayangkan... betapa menjemukannya acara di tipi sekarang. padahal aku sangat ngandelin spongebob, sayangnya spongebob juga diulang-ulang melulu. empet... banget...

si briptu norman yang akhir-akhir ini selalu muncul di tipi dibilang sebagai fenomena. what??? fenomena??? fenomena apa???
sesungguhnya dia cuma pengen menunjukkan, kalo sesungguhnya polisi juga manusia. polisi juga berhak joget india, berhak nindik lidahnya, berhak ciuman ma pacarnya, dan berhak juga mempublikasikannya. lantas apa yang aneh??? apa yang jadi fenomena??? biasa ajalah... dia mau kawin atau dia mau tunangan kok diributin sih? sampe masuk berita trus dibikin wawancara eksklusif yang katanya mengklarifikasi berita yang tidak benar tersebut. trus hal-hal yang memang seharusnya diberitakan malah tidak diberitakan karena si briptu norman ini.
coba cari stasiun tipi mana yang sekarang masih nyiarin berita kasus century? kasusnya si antasari? kasusnya pak polisi susno duaji? atau gimana nasib korban bencana tahun lalu? sudah baik-baik sajakah? apa kabarnya dengan mereka semua? seperti apa nasib mereka semua?
semua tertutupi dengan briptu norman.
yang lebih parah lagi... waya-waya pisang yang tandannya panjang, pisang yang punya banyak jantung, laba-laba yang menyerupai wajah manusia, atau malah kambing bermata satu pun malah jadi idola yang ngisi seputar indonesia, reportase sampe topik. kenapa gak sekalian bikin satu acara aja yang khusus menyiarkan keanehan-keanehan flora dan fauna korban dari mutasi atau kelainan gen?
yang lebih menyebalkan lagi... diujung pemberitaan tersebut pastilah ada seorang yang berpengetahuan yang menyatakan kalo itu terjadi karena kelainan gen tapi masyarakat menganggap itu adalah penjelmaan mahkluk gaib. maksudnya mau membandingkan antara pengetahuan masyarakat awam dengan ilmuwan? tapi kok pembandingannya sangat tidak sebanding. please deh... bener-bener pembodohan... pertanyaannya??? bener gak sih itu anggapan masyarakat? atau malah anggapan si wartawan itu sendiri? udah kekurangan berita ya?
padahal kan harusnya tipi itu memberikan pengetahuan bukan malah menyesatkan. ditambah lagi ma sajian-sajian yang seperti itu. pak wartawan bener-bener wawancara gak sih? atau sudah harus melalui proses editing dengan memotong yang esensial dan menampilkan yang seadanya saja?

trus ada satu lagi ni... pernah liat iklan layanan masyarakatnya BKKBN gak???
itu loh yang modelnya si shireen sungkar ma si teuku wisnu. ada yang salah? gak ada sih kalo diliat dari cantik dan cakepnya mereka. tapi apa yang ngejadiin mereka model pernah gak mikir kalo mereka gak cuma sekedar model? tapi nantinya mereka akan jadi panutan.
bolehlah mereka jadi idola banyak orang, apalagi para ibu-ibu yang sangat menggandrungi dan memuja sinetron. atau para wanita yang hidupnya hanya terpaku pada semua yang wah... dan menolak ketika harus berhadapan dengan realita bahwa tidak ada yang sempurna dan hidup itu tidak selalu seperti sinetron yang awalnya sengsara dan menderita sekali trus akan happily ever after seperti cerita para putri di negeri dongeng. trus si tokoh protagonisnya diceritakan teramat baik seperti malaikat yang tanpa cela namun di awal cerita sering berurai air mata dan si antagonis selalu punya cara untuk menyiksa dan menyakiti si protagonis dengan berbagai cara bener-bener seperti setan. bener aja geh... kalo dah liat sinetron, lebih mirip pertunjukan setan dan malaikat ajalah.
kembali lagi ke si shireen ma si wisnu itu ya...
maksudku, kepikir gak sih oleh BKKBN buat nyari model yang bener-bener sesuai. karena mereka kan bakal jadi duta ni yang mencerminkan kehidupan mereka seperti yang mereka iklankan?
masalahnya kan, aslinya si shireen ma si wisnu tu kan lum nikah ni. mereka baru nikah di sinetron aja. trus juga umur si shireen itu aslinya kan masih muda banget. cuma emang sih tampangnya aja yang dah kayak emak-emak beranak 2. uhmmmm aku sering bilang "masak karbitan", sama tu kayak si nikita willy.
di iklan itu kan ceritanya mereka berdua tu pacaran, nikah trus punya anak trus buat anak keduanya dengan jarak yang lumayan sehingga memberi kesempatan buat si anak pertama buat tumbuh demi keselamatan ibu dan keselamatan si anak.
lagi-lagi masalahnya... apa mereka udah seperti itu? bukannya ngedo'ain yaaa... cuma seandainya besok-besok mereka putus trus masuk infotainment. apa gak ngerusak tu BKKBN yang berarti sembarangan banget nyari model iklan. yaaaa gak ada yang tau apa yang akan terjadi besok.
BKKBN tu kan badan yang ada di pemerintahan loh... yang berarti punya kaitan dengan negara. napa sih gak profesional dikit. BKKBN kan bukan badan yang hanya berurusan dengan kontrasepsi aja. kalo emang punya program jangan cuma program yang bagus aja. tapi bener-bener program yang tepat sasaran.
maksudku, napa gak cari model yang emang bener-bener udah nikah dan bener-bener menjalankan yang namanya Keluarga Berencana dengan dua anak cukup. napa gak minta pak SBY aja yang jadi model? toh kriterianya kan sesuai. nikah di umur yang tepat, punya anak cuma 2 dengan jarak usia keduanya tidak rapat. hayoooo BKKBN berani gak minta pak SBY jadi model iklan layanan masyarakat?

kalo buat iklan BKKBN dengan model si afgan tu... nah yang itu pas. bukan karena afgan-nya atau apa. tapi sejauh ini... bisa kita liat kalo afgan emang bener-bener bisa dijadikan model, bisa dijadikan panutan bagi slogan BKKBN dengan GENRE alias Generasi Berencana-nya. track record afgan bersih dan bebas gosip miring.

udah ah... ni karena kemaren kebanyakan nonton tipi. ni lah akibatnya...

No comments:

Post a Comment