Thursday, September 15, 2011

Cerita Hari Ini ^_^

baru seminggu di sini... di jogja... dengan status baru... MAHASISWA ^_^

udah dari siang tadi pengen ngetik. tapi... udah dari siang tadi juga lum bisa ngapa-ngapain. kuliah dari pagi, yaaa walaupun bersusah payah berjuang melawan kantuk. apalagi, dosen yang ngajar ngomongnya udah kayak ndongeng aja. makin... bikin ngantuk... hehehehe tapi sebentar kok. kembali ke niat awal, aku mau kuliah disini. yang lain? itu bonus, dengan syarat tujuan awal mesti terpenuhi dulu.
pas jam istirahat tadi, mbuka twitter-nya saya. follower nya dikit kok. heheheh tapi aku follow beberapa orang yang bisa bikin aku tersenyum, menghibur diri sendiri lah... salah satunya ini ni... si @takwaras yang herannya beberapa hari ini ngasih twit yang sangat bermanfaat buat perempuan. mulai dari tentang haid, kanker payudara ampe kanker leher rahim. keknya dia belajar banyak buat ngasih info-info bermanfaat buat perempuan.

trus dia tadi nge-link ini ni. iseng... aku sih maen klik aja. pas buka... masya Allah... aku gak bisa ngebendung air mataku...
mendadak aku makin kangen dan merindukan malaikat-malaikat kecilku. kangen kiki yang mendadak masuk kamar, ketika aku terlalu sibuk trus bilang... bunda, mamam yuk... bunda lum mamam hari ini. atau protes kiki, kalo hari itu lum dipeluk, dia pasti bilang... bunda, dak ayang kiki lagi yo? bunda, dak peluk kiki hari ini. trus amirah juga pasti ikutan minta dipeluk juga. trus bintang juga pasti ribut, teriak-teriak minta digendong kalo aku lewat di depan dia tapi gak gendong dia...
huh... bunda kangen kalian sayang... kiki, amirah n bintang...

aku lum pernah aborsi... dan tidak akan aborsi. apalagi mengaborsi orang lain. walaupun apapun alasannya dan aku tau gimana caranya.
ngapain aborsi? wong aku sendiri begitu ingin ada malaikat kecil di rahimku. aku pingin banget ngerasain bagaimana rasanya hamil, seperti apa menjadi seorang ibu. walaupun aku udah punya tiga orang malaikat kecil yang selalu menghiburku.
merindukan mereka yang ada disana, terasa begitu berat saat ini. tapi... makasih buat teknologi. YM n skype bener-bener membantuku... ^_^

eh ya... seminggu ini udah mulai kuliah. dari jam 8 pagi ampe paling cepet jam 3 sore. malah hari ini ampe jam 5 sore. untungnya kost deket kampus. jadi... gak perlu susah-susah nyari angkutan. cukup angkutan yang udah dianugerahkan Allah sejak lahir. heheheh kaki...
dari hari senin kemaren ampe hari ini, dua hal yang paling sering dibahas oleh para profesor itu adalah HIV dan rokok.
yaaa kedua isu itu emang paling hangat dibicarakan dimana-mana. karena emang menyangkut hajat hidup orang banyak. rokok ni yaaa... sekarang anak sd pun udah belajar merokok. provokasi yang salah tentang merokok pun jadi kebanggaan. misalnya ni... kalo gak merokok, bukan cowok. huh... padahal kesejatian seorang laki-laki kan gak bisa diliat dari rokok. malah bisa dibilang, merokok itu bukanlah ciri seorang lelaki sejati. gimana tidak, di sekeliling seorang perokok aktif pasti ada perokok pasif. dan seorang perokok aktif, dengan sangat baik hati membagikan racun yang seharusnya untuk dirinya sendiri kepada orang lain yang menjadi perokok pasif.
kesejatian seorang laki-laki itu, diliatnya dari tanggung jawab. gimana cara dia bertanggung jawab akan dirinya, hidupnya, dan gimana juga tanggung jawabnya pada orang disekelilingnya (baca: keluarga). ya gak?

tapi... melarang rokok juga susah. coba diitung, ada berapa banyak petani tembakau dan cengkeh yang menggantungkan hidup mereka? apa jadinya mereka kalo merokok dilarang dan pabrik rokok ditutup? jadinya, cuma bisa menghimbau para perokok aktif untuk berenti merokok, menyebar racun dan menyeret orang lain menjadi perokok pasif. ^_^
trying the best for a better life, rite?

trus... tentang HIV.
kelompok rentan penularan HIV ni kan adalah para pekerja seks komersial n pengguna narkoba yang pake jarum suntik, ummmm jenis-jenis heroin gitu lah... *_* sok tau...
kalo buat kelompok kedua sih, itu mah derita mereka. secara mereka emang gak sayang ma diri mereka sendiri n merusak diri sendiri. jadi kalo mau kena HIV mah emang bener-bener derita mereka. cuma yaaa bagusnya sih, gak nularin ke orang lain yang gak salah. tapi parahnyaaaa kalo udah jadi pengguna narkoba, biasanya sih akrab banget ma free sex, jadi terhubunglah penularan cara pertama dan penularan cara kedua.
penularan HIV emang gak mesti dari cara-cara ajaib yang seperti itu. karena banyak juga cara-cara lain yang mungkin menjangkiti orang-orang baik.
seperti kasus yang pernah aku baca di harian online kemaren. di cina, ada human error yang mencangkokkan organ tubuh orang yang terinfeksi HIV kepada orang lain yang sehat. yang didonorkan pun gak tanggung-tanggung, ada lima orang. perawat dan dokter bedahnya pun udah ketar-ketir. takut terinfeksi juga.
kan HIV ntu nularnya melalui 3 jenis cairan, yaitu darah, air susu ibu dan cairan yang ada di alat kelamin (bis mau bilang sperma, kalo cewek apa dong namanya?)
trus ada juga karena kurang kontrol, ada donor darah yang terinfeksi HIV trus mendonorkan darahnya, dan si resipien jadi terinfeksi juga, dan lain-lain...

emang sih kalo terinfeksi HIV tu gak langsung mati. kalo daya tahan tubuhnya bagus, bisa 10-15 tahun baru berkembang menjadi AIDS. tapi tu kan kalo daya tahan tubuh bagus, dan mau berobat dan minum ARV-nya. nah kalo gak??? bisa juga 1 tahun dah kelamaan.
bagiku... HIV tu tetep sesuatu yang horor... lebih horor dari poci atopun kunti... hiyyyyy

udah ah... makin gak beres ni ceritanya.
tugasnya udah banyak. so... it's time to pegang-pegang n baca-baca buku...

No comments:

Post a Comment