Tuesday, October 12, 2010

Cerita Tengah Malam...

"Kesadaran akan moral, norma, dan agama bertentangan dengan pembentukan perilaku"
statement ini hasil dari ngobrol-ngobrol tengan malam dengan seorang saudara yang sama-sama doyan berbagi cerita tengah malam.
kejadiannya sih malam kemaren. aku lagi mencoba sharing ma dia untuk suatu permasalahan. sampe pada akhirnya, seperti biasa... pembahasan menjadi serius dan mulai mengeluarkan berbagai teori. mulai dari ajiannya Bapak Sigmund Freud, sampe ke ajiannya Allport, trus ke Kurt Lewis. -ujung-ujungnya sih nyasar ke pulau mentawai- :D

tapi untuk pernyataan di atas, kami sama sekali tidak berniat untuk menggunakan teori apapun (takut nanti malah nyaingi para ahli).
yang penting pembelajarannya adalah pembentukan perilaku tidak semata-mata bisa dilakukan dengan penanaman nilai-nilai (termasuk di dalamnya adalah moral, norma yang berlaku di masyarakat, dan tentunya agama).
seseorang yang sejak kecil berada dalam berbagai macam aturan dan peraturan yang sangat menyadari bahwa perbuatannya itu salah dan tidak dapat diterima secara moral, norma dan agama. akan tetapi ketika perbuatan itu dilakukannya kemudian menimbulkan sensasi yang berupa kenikmatan dan atau kepuasan, maka perilaku tersebut cenderung menetap. 
berbeda bila sensasi yang ditimbulkan berupa penderitaan dan kesakitan, maka cenderung akan menjadi trauma.
contohnya... bangun siang.
seseorang yang doyan bangun siang sangat menyadari bahwa bangun siang itu salah. kalo dia bangun siang otomatis dia ketinggalan untuk shalat subuh. dia sangat menyadari kalo gak sholat itu berdosa. sedari kecil juga dia udah dididik bahwa bangun pagi lebih menyehatkan badan. intinya, secara moral, norma, dan agama dia sangat menyadari dengan kesadaran penuh bahwa bangun siang itu salah.
tapi... ketika sensasi yang dia peroleh saat bangun siang itu adalah enak, nikmat. maka besok-besoknya dia pasti akan rajin bangun siang.
siapa sih yang merasa memiliki waktu tidur yang cukup?
seorang bijak pernah bilang, manusia itu selalu merasa kekurangan akan dua hal, materi dan tidur.


P.S: thx bro buat semuanya.... keranjang sampang, juga butuh tempat pembuangan akhir.  :D

No comments:

Post a Comment