Saturday, October 9, 2010

Mencoba Mendeskripsikan

kemaren aku nyeritain tempat kerjaku.
UPT Puskesmas Daya Utama

ternyata dapet respon yang lumayan dari yang mbaca. tapi sayang, mereka gak koment langsung di box yang tersedia di bawah postinganku. semua pada koment di akun facebook ku. ada yang bilang perlu dijelaskan lebih detil lagi, trus ada juga yang minta disebut.
hehehe... maaf ya sobat... emang lum sampe kesana kok.
maklum juga... cz aku kan orang yang sangat moody. n rada susah konsenterasi (makanya dulu waktu kuliah suka dijuluki autis). ;-)

UPT Puskesmas Daya Utama berlokasi di Desa Daya Utama, Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Banyuasin. berada di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin.
ya iya lah... namanya aja Puskesmas. pada tau kan kepanjangan Puskesmas? gak tau?
oke... berhubung aku baik hati dan suka menabung, aku kasih tau ya...
UPT itu singkatan dari Unit Pelaksana Teknis, dan Puskesmas adalah Pusat Kesehatan Masyarakat. jadi Puskesmas ini adalah tempat pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.
mungkin yang aku tulis ini adalah yang pertama yang nyeritain UPT Puskesmas Daya Utama. berharapnya... suatu saat ada yang ngetik keyword Daya Utama di google bisa dihubungkan kesini. jadi... biar bisa dikenal. hehehe

Desa Daya Utama sendiri adalah sebuah desa di Kecamatan Muara Padang. sebutan kerennya sih jalur. kenapa? karena... tempat ini memang berbentuk jalur-jalur yang teratur gitu. dulunya adalah lokasi transmigrasi. kalo buat peta wilayah nya gampang banget, yang penting siapin penggaris aja. hehehe
mengenai penduduknya, berhubung dulunya tempat ini adalah tujuan transmigrasi (itu loh... persebaran penduduk antar pulau, biar kepadatan penduduknya jadi merata) jadi mayoritas penduduk di Kecamatan Muara Padang adalah pendatang dari berbagai daerah di Pulau Jawa. yang pastinya ditambah dengan bahasa dan adat yang mereka bawa dari daerah asal mereka masing-masing. so complecated... siap-siap aja pas ada yang mau berobat, kadang kita harus mendengarkan bahasa madura, ada juga bahasa jawa yang halus, ada juga bahasa sunda, ada juga bahasa jawa dengan berbagai logat dan dialek.
oleh sebab itu, kita harus benar-benar menghargai semua perbedaan.
mengenai perekonomian, mayoritas adalah petani. hanya penduduk yang tinggal di pinggiran sungai saja sebagian menjadi nelayan.
jaraknya dari ibukota Kabupaten Banyuasin (Kota Pangkalan Balai) adalah kurang lebih 150 kilometer. gak tau sih ni ngitung pake apaan. sebab tiap jalan aku gak pernah ngiloinnya.
untuk menuju ke Desa Daya Utama, dapat di tempuh melalui 2 cara. yaitu dengan menggunakan speed boat atau kendaraan roda empat atau roda dua. sekarang sih udah bisa ditempuh lewat jalan darat, tapi dengan resiko yang tidak dapat diprediksikan. misalnya, tiba-tiba turun hujan di perjalanan. yang pasti jalan jadi berlumpur (karena sebagian jalannya masih pake aspal jepang, kalo ujan berlumpur dan kalo panas jadi berpupur). waktu tempuhnya jadi makin lama yang harusnya 3 jam udah sampe bisa molor sampe berjam-jam, belum lagi perjuangan harus ndorong-ndorong motor. errrrrrrr aku gak sanggup, aku pernah 2 kali ngejalaninya. setelahnya? kapok. asli... >:-)
cara yang kedua... ya melalui jalan sungai. pake speed boat. ni yang biasa aku pake tiap berangkat ke jalur. waktu tempuhnya... kurang lebih satu setengah jam kalo gak ada halangan di perjalanan. nah kalo lewat sungai ini, biasanya aku suka duduk di pinggir di bagian paling belakang. berisik sih. mesin speed boatnya kan di belakang. tapi gak terlalu berguncang, beda kalo di depan. palagi pas musim air pasang dengan gelombang yang tinggi. ampun... guncangannya makin kuat. walau sudah memijak tanah kadang masih terasa berayun-ayun loh. kalo pas baru nyampe, trus malemnya tidur. aku suka merasa tidur di ayunan. hehehe
trus di pinggir di deket jendela. kenapa? aku bisa liat pemandangan di pinggiran sungai musi yang gak pernah ngebosenin. ada pulo kemaro dengan bangunan kelentengnya, yang kalo pas tahun baru imlek banyak didatangi etnis tionghoa untuk ziarah dan sembahyang disana. trus ada bangunan PT. PUSRI di seberangnya adalah Pertamina. belum lagi kapal-kapal besar yang masuk ke sungai musi. aku kagum dengan sungai musi. banyak orang menggantungkan hidupnya di sungai musi.
trus... kalo dah masuk ke sungai yang lebih kecil lagi (setelah lewat Muara Upang, aku gak tau lagi nama-nama sungainya apa aja, bingung... bis banyak banget). yang dilihat juga makin seru... kalo pas musim bersawah, sawah-sawah pada menghijau. tapi walau gak musim bersawah, masih banyak yang hijau-hijau yang bisa dilihat. masih banyak hutan yang kadang masih bisa tu liat monyet, burung elang, pernah waktu itu aku liat burung yang paruhnya gede, gak tau apa namanya. mungkin itu namanya burung rangkong. tapi gak tau juga ding.
yang pasti, indah. indah. indah.
dan semoga saja kita bisa bijaksana menjaga semua keindahan itu.

kalau sudah di jalur, kadang terasa sepi sekali. itu sekarang loh.
mau dibandingkan dengan 4 tahun yang lalu ketika kami pertama kali datang ke jalur? jauhhhh sekarang jauh lebih baik. dulu, kalo malem dah kayak di planet lain aja. gelep... gak ada listrik. sekarang? alhamdulillah listrik dah lancar 24 jam.
dulu... kalo mau nelp mesti manjat-manjat pohon beringin yang di depan puskes. sekarang? alhamdulillah udah bisa lancar nelp di mana aja, udah bisa akses facebook walau cuma pake hp. sebab jaringannya cuma ada GPRS atau EDGE, 3G atau HSPDA masih lum ada. dulu... kalo mau jajan aja susah nyari yang jualan. sekarang? warung soto dan model udah ada yang terdekat. trus... kalo mau denger sesuatu itu hanyalah suara teriakanku kalo udah kelamaan di sana n jadi stress sendiri, sekarang? udah bisa bawa bioskop kesana.
baru nyadar... ternyata aku cinta bumi jalur. hehehe tapi kalo pas musim ujan loh, kan adem. 
o ya, kalo pas air sungai pasang penuh n jadi diam juga seru loh. karena itu berarti waktunya berenang. hehehe :-D

nah... tentang sungai yang ada di jalur (orang setempat suka nyebutnya parit, padahal lebar nya ada sekitar 10 meter n dalemnya lebih dari 4 meter (cuma kira-kira aja, bis gak pernah meterin sih :-D), kapal barang aja bisa lewat) airnya suka berubah-ubah loh. karena parit ini adalah pertemuan dua sungai besar. yang satu sungai sugihan, anak dari sungai musi. yang satunya lagi sungai saleh yang juga anak dari sungai musi. tapi... salah satunya (aku bingung yang mana) memiliki akses ke selat bangka. jadi air laut yang asin itu masuk ke sungai ini. imbasnya? ngalir juga lah ke parit. istilahnya air payau, kali yaaa. ;-)
kalo pas musim penghujan, airnya tawar loh. warnanya hijau kebiruan kalo pas lagi pasang. pas banget buat berenang. :-D
tapi kalo pas musim kemarau, ampuuuuunnnnn >:-)
airnya tu asin dan lengket. warnanya kecoklatan. makanya kalo pas musim kemarau aku tersiksa banget. udah panas, banyak debu (yang kadang buat penyakitku kambuh), trus airnya asin dan lengket. asliiiii bete dan gak nyaman sekali.

o ya, ada satu lagi keindahan hidup di jalur. udaranya segar kalo musim penghujan dan sawahnya yang menghijau kalo pas lagi musim tanam. apalagi menjelang panen. liat batang padi yang merunduk keberatan. indah banget... trus... dikasih satu buah degan hijau yang diminum di sawah saat siang hari... ada yang nolak???

P.S: ternyata... aku cinta jalur...

2 comments:

  1. salam kenal mbak...saya tinggal di jalur 18 jmbtn 2 blok b1, tinggal dr thun 90-98...dokter yg sy kagumi yg ditugaskan di puskesmas daya utama dl dokter rafi...jadi kangen ma jalur, sayang cm setahun sekali bisa nengok ortu di jalur...di jalur hidup lbih ayem sbnrnya, g kaya di kota metropolitan jkt...tp sayang Tuhan berkehendak lain...msih pingi. sih netap di jalur...

    ReplyDelete
  2. salam kenal mbak...saya tinggal di jalur 18 jmbtn 2 blok b1, tinggal dr thun 90-98...dokter yg sy kagumi yg ditugaskan di puskesmas daya utama dl dokter rafi...jadi kangen ma jalur, sayang cm setahun sekali bisa nengok ortu di jalur...di jalur hidup lbih ayem sbnrnya, g kaya di kota metropolitan jkt...tp sayang Tuhan berkehendak lain...msih pingi. sih netap di jalur...

    ReplyDelete