Thursday, October 21, 2010

Kerja... Kerja...

salut ma antusias masyarakat Desa Daya Utama.

gimana tidak, bisa diliat sendiri lah situasi pemberian vaksin campak dan polio yang dilaksanakan kemaren di balai Desa Daya Utama Kecamatan Muara Padang.


rame kan?
pemberian imunisasi campak dan polio ini program pemerintah loh. jadi, gratis tis tis...
tuuu kadang-kadang kurang baik apalagi lah si pemerintah ini. apa-apa dikasih trus digratisin. jadinya... yaaaaa kadang-kadang rakyatnya jadi ngelunjak, dan manja. apa-apa ngarepin bantuan pemerintah. salah satu sebabnya yaaaa karena kita masih miskin.
ewwww kok jadi ngelantur ngomongnya ya? hehehe
tapi... yang pasti salut lah ma antusiasme masyarakat di Desa Daya Utama. abis, waktu minggu kemaren Lia nganterin Kiki dan Amirah buat imunisasi campak dan polio buat program yang sama, katanya sepi banget. paling juga ada sekitar 5 orang saja. padahal keluarga yang punya bayi dan balita udah dikasih pemberitahuan berupa undangan untuk mendatangi pos-pos pemberian imunisasi terdekat.
sedangkan di Desa Daya Utama, konon kabarnya tanpa sebar-sebar undangan tu. cuma bidan desanya saja yang minta tolong dengan kepala desa untuk memberitahu warganya untuk dateng ke pos pemberian imunisasi.
hebat kan???
itulah terkadang nikmatnya hidup di desa. mereka masih sangat menghargai orang lain. dalam hal ini mereka masih sangat menghargai kebaikan pemerintah. yaaa asal tau aja satu dosis vaksin campak itu konon harganya sekitar $0,20. untuk satu vial vaksin campak itu dosis efektifnya sebanyak 20 dosis. berarti, satu vial itu harganya kira-kira $4. murah sih kalo dibanding ma harga vaksin-vaksin yang lain.
tapi, kalo dah masuk ke dokter spesialis atau ke bidan, imunisasi ini bisa nyampe Rp. 400.000 loh... hebat kan??? sehat itu mahallllll.... tapi kalo sakit, jauh lebih mahalllll lagi.
o ya, selain imunisasi campak dan polio, ada jenis vaksin lain yang wajib diberikan pada bayi dan balita. yaitu, BCG, DPT, dan Hepatitis B. sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, ada lagi penemuan-penemuan vaksin yang lain, ada MMR, typhoid, influenza, hepatitis A, dan varicella. nah... imunisasi yang lain-lain itu lum masuk ke program pemerintah. jadi... gak ada di puskesmas. hehehe
kalo orang kebanyakan menganggap bahwa imunisasi adalah jaminan untuk tidak terkena penyakit yang diimunisasikan itu kurang tepat. karena imunisasi adalah salah satu bentuk upaya pencegahan. selanjutnya? sangat bergantung dengan kondisi tubuh.

ni situasi saat penyuntikan imunisasi campak.


habis disuntik banyak peristiwa lucu loh. tapi gak terekam kamera. ada yang diem aja, ada yang nagis dikit, ada yang nagis banyak, ada yang nangis banyak sekali sampe koprol-koprol. hehehe

nah... ni ibu kepala desa, dengan bidan desa beserta kader-kader posyandu.

kalo yang berikut ini... dengan bangga saya persembahkan... model-model UPT Puskesmas Daya Utama (model kalender juga gak papa, hehehe)



nyulik anak orang... temben ya... 3 bulan, beratnya 9 kg. masih ASI aja, gak dikasih yang lain. semoga bisa terus kasih ASI eksklusif... (support buat emaknya)


No comments:

Post a Comment