Friday, October 8, 2010

Dulu dan Sekarang

ada yang tau ini foto apa???


ini adalah foto puskesmas tempat kerja ku. ngambilnya sih udah lama banget. tu ada tanggal nya, 05 Feb 2007. lum sampe setahun kami disana. karena kami mulai ditugaskan disana Juni 2006.


nah... ini keadaan puskesmas kami beberapa minggu yang lalu. lumayan fresh lah...
apa yang membedakan? sekilas emang cuma gambarnya yang terlihat lebih jernih. pengaruh kamera mungkin. tapi... asal tau aja... aslinya emang jauh berbeda.

aku deskripsikan ya...
4 tahun yang lalu, kami -6 orang pendatang, yang nyasar ke tempat ini karena SK yang diberikan kepada kami harus mendatangi tempat ini dan mulai bertugas di tempat ini- pertama kali datang ke tempat ini disambut dengan hamparan karpet yang sangat hijau. sehingga kami sempat lupa, kami akan bertugas sebagai tenaga kesehatan atau sebagai penyuluh pertanian. rumput dan semak hampir setinggi pinggang. perumahan yang ada tiga biji di sisi kiri nya pun buram sekali. persis seperti tempat yang sudah sangat lama tidak terjamah manusia. belum lagi kondisi bangunan puskesmasnya sendiri. lantai papannya berayun saat di pijak. entah itu pengaruh ayunan gelombang, yang masih terasa berpengaruh saat kami memijakkan kaki ke bumi. atau memang kondisi bangunan yang sudah sedemikiannya sehingga terasa berayun-ayun.
satu minggu pertama di tempat ini, kami harus kerja keras bersih-bersih. yup. bersih-bersih semua. sampe aku nangis karena udah gak sanggup lagi menggenggam parang, tanganku udah perih semua. sampe aku juga gak sanggup makan nyaris satu minggu karena menemukan harta karun yang sangat berharga di tempat ini.
tapi itu dulu....
sekarang???

aku ceritain ya...
sekarang, tempat kerjaku yaitu UPT Puskesmas Daya Utama yang berlokasi di Desa Daya Utama Kecamatan Muara Padang. Kabupaten Banyuasin sudah indah berseri harum semerbak sepanjang hari. hehehehe.... maksudnya dah banyak yang berubah. yang pasti udah bisa diliat karpet hijaunya tidak tebal lagi. dah ada bunga-bunga yang ditanam dan diurus dengan sangat baik. trus, tiga rumah yang berada di sisi kiri bangunan puskesmas udah bersih dan berpenghuni manusia yang sangat mengerti dengan hidup sehat dan sanitasi. walau belum semuanya di renovasi. kita mengerti kok, harus antri dan giliran. karena pemerintah tidak hanya berpikir keras untuk kita aja. tapi juga buat puskesmas-puskesmas lain yang juga pastinya sangat membutuhkan perbaikan.
trus... bangunan puskesmas kami juga udah direnovasi satu tahun yang lalu, jadi tiada lagi lantai yang berayun, atau harus berjalan pelan-pelan karena khawatir lantainya akan jebol. udah di timbun, dan dipasang lantai keramik. jadi mau lari-larian juga gak masalah.

o ya... tentang enam orang yang datang kesini bersama aku, sekarang tinggal lima orang saja. ini ni wajah-wajahnya (kurang satu sih, kak darmawan gak ikutan foto bareng):
yang duduk pake kacamata paling manis itu tentu saja diriku.... Erdiana Oktaviani
yang duduk juga di sebelah ku itu namanya Ropiah. AM. Far, nama kerennya sih Ropiah Harsono. maklum ajalah, wong nama suaminya tu Rudi Harsono dan anaknya namanya Tasya... (lama juga gak ketemu Tasya, jadi kangen....)
nah... yang berdiri di belakang aku, tu namanya Warisdianto, AMG, ahli gizi yang bener-bener ahli dalam hal pergizian terutama BGM dan gizi buruk, sampe-sampe dia sendiri menderita kurang gizi karena kebanyakan kopi dan nikotin. heheheh (piss ya k....) tapi tetep jadi manusia terganteng se-jalur anget (ada yang gak setuju?)
yang terakhir tu... ibu-ibu manis yang tumbuhnya ke samping (tapi sumpah, baik hati loh... rajin.... banget cz dia juga punya tugas tambahan -kadang-kadang jadi inem atau ijah-, yang terutama ni... pinter masak dan suka membagi-bagikan makanannya kepada para anak-anak terlantar seperti kami). namanya adalah Windy Lia Sari. o ya, sekarang udah ada AM. Keb di belakang namanya.
trus... yang gak ikutan foto, namanya Darmawan. ngakunya sih putra pegagan. padahal kalo menurut aku, tetep aja putra emaknya. hehehehe

No comments:

Post a Comment